Kanada dan Afrika Selatan Terlalu Tangguh di Sydney Sevens

Senin, 06 Februari 2017 - 01:28 WIB
Kanada dan Afrika Selatan Terlalu Tangguh di Sydney Sevens
Kanada dan Afrika Selatan Terlalu Tangguh di Sydney Sevens
A A A
SYDNEY - Sydney Sevens Cup yang merupakan bagian dari World Rugby Sevens Series 2016/2017 menjadi milik Afrika Selatan (Afsel) dan Kanada. Blitzboks –julukan tim Afsel- berjaya di bagian putra, sedangkan Kanada juara di sektor putri.

Bagi Kanada, ini adalah gelar ketiga dalam World Rugby Sevens Series. Sebelumnya Kanada menang di seri Amsterdam Sevens pada 2015 dan Clermont Sevens tahun lalu. Di final Sydney Sevens, Kanada menaklukkan Amerika Serikat (AS) 21-17 dalam pertandingan yang digelr di Allianz Stadium, Sydney, Australia, Sabtu (4/2/2017).

"Kami tahu dengan pasti kekuatan tim ini. Dalam mengarungi suatu turnamen, kami mengetahui targetnya (untuk menang). Kadang kami mengalami kendala, tapi itu tidak menghalangi tujuan besar kami," ujar Kapten Kanada, Ghislaine Landry.

Pada fase grup dan semifinal yang disaksikan Sindonews.com dan KORAN SINDO di Allianz Stadium, Sydney, Selandia Baru merupakan tim unggulan untuk menyabet gelar. Sial, mereka kandas di semifinal. Tim yang berjaya di seri Dubai, tahun lalu, hanya menyabet gelar ketiga, seusai menjinakkan tuan rumah Australia 19-0.

Dengan tambahan satu gelar, Kanada kini berada di peringkat ketiga klasemen keseluruhan World Rugby Sevens Series dengan koleksi poin 30. World Rugby Sevens Series 2016/2017 bagian putri sudah dimainkan di dua lokasi. Sebelum Sydney, event prestisius ini dihelat di The Sevens, Dubai, Uni Emirat Arab, 1-2 Desember tahun lalu. Pada seri Dubai, Selandia Baru tampil sebagai kampiun.

Setelah Sydney, World Rugby Sevens Series putri dimainkan di Sam Boyd Stadium, Las Vegas, AS, (3-5 Maret), Honjo Athletic Stadium, Kitakyushu, Jepang (22–23 April), Canada Westhills Stadium, Langford, British Columbia, Kanada, (27–28 Mei), Stade Gabriel Montpied, Clermont-Ferrand, Prancis (24–25 Juni).

Di bagian putra, tim Afsel terlalu tangguh bagi Inggris. Blitzboks unggul 29-14. Kemenangan ini membuat Afsel semakin kokoh di puncak klasemen keseluruhan World Rugby Sevens Series dengan total angka 85. Mereka memimpin 17 poin atas Inggris yang berada di posisi kedua. Sementara tim Fiji menempati peringkat ketiga.

Sebelum Sydney Sevens, World Rugby Sevens Series telah memainkan tiga seri yakni di Dubai (dimenangkan Afsel), Cape Town Stadium, Afsel (dimenangkan Inggris) dan Westpac Stadium Wellington, Selandia Baru (dimenangkan Afsel). Setelah pertarungan di Allianz Stadium, World Rugby Sevens Series putra akan berlanjut di di Sam Boyd Stadium, Las Vegas, AS, (3-5 Maret), BC Place, Vancouver, Kanada (11–12 Maret), Hong Kong Stadium (7–9 April), Singapore National Stadium, Singapura (15–16 April), Stade Jean-Bouin, Paris, Prancis (12–14 Mei), Twickenham Stadium, London, Inggris (20–21 Mei).

World Rugby Sevens merupakan kejuaraan dunia yang dihelat di berbagai kota. Berbeda dari biasanya dengan peraturan 15 pemain dengan waktu 40 menit x 2, World Rugby Sevens bermain dengan 7 penggawa dalam waktu 7 menit perbabak.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9236 seconds (0.1#10.140)